Siaran Pers No.481.1/ /humaspro/2013;Kedubes Jepang Kunjungi Sumbawa

Siaran Pers No.481.1/ /humaspro/2013;Kedubes Jepang Kunjungi Sumbawa

Bupati Sumbawa, yang  diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ir. Sirajuddin menyambut kedatangan Minister Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Shigeru Ushio beserta rombongan dalam rangka PeresmianGrassroots Human Project Pembangunan Infrastruktur Peternakan di Kabupaten Sumbawa yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Wakil Kedutaan Besar Jepang. Acara diselenggarakan oleh Yayasan Bina Olah Alam Nasional (BOAN) yang bekerjasama juga dengan  Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa, di Dusun Seminar Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, Rabu (12/06).
Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ir. Sirajuddin menyampaikan bahwa program ini telah dilaksanakan sejak tanggal 21 Maret 2012 sampai 21 Maret 2013 kegiatan ini dirangkaikan dengan pencanangan registrasi ternak dan vaksinasi masal. Proyek Grassroot ini diarahkan untuk pembangunan infrastruktur, yaitu air bersih, penghijauan, kandang juga Balai Pertemuan untuk kesejahteraan masyarakat.
Untuk tumbuhkan keinginan peternakan, tumbuhkan iklim investasi serta mendorong alih teknologi. Berbagai kebijakan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah diantaranya melalui program revitalisasi LAR sebagai kearifan local, kerjasama dengan Pemerintah Jepang melalui BOAN dan kerjasama dengan Negara lainnya, subsidi melalui kartu ternak. Populasi ternak Kabupaten Sumbawa mampu mengurangi ketergantungan daging dari luar.
Peternak diharapkan agar ternaknya dibawa ke tempat yang telah ditentukan untuk diregistrasi dan divaksinasi, agar peternak berkoordinasi dengan Kepala Dusun, Kepala Desa agar menjadwal vaksinasi untuk ternak.
Minister Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Shigeru Ushio dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Jepang memberi bantuan untuk pengentasan kemiskinan dan pembangunanan industry kecil bagi peternak yang merupakan kerjasama dengan Yayasan Bina Olah Alam (BOAN).
Upacara ini adalah peresmian “Proyek Pengentasan Kemiskinan bagi Kelompok Peternak di Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB” yang merupakan proyek bantuan hibah grassroot senilai USD 97.670 yang telah ditandatangani antara Pemerintah Jepang dengan Yayasan Bina Olah Alam Nasional pada bulan Maret 2012. Melaui proyek ini, telah dilaksanakan pembangunan infrastruktur peternakan, seperti peralatan pasokan air, pengadaan lahan pengembalaan, retainer sapi dan kandang sapi, pembangunan gudang penyimpanan pakan dan balai pertemuan, serta pelatihan untuk kelompok peternak di 5 desa di Kabupaten Sumbawa.
Shigeru Ushio berharap dengan adanya proyek tersebut, 7.709 penduduk di 5 desa Kabupaten Sumbawa dapat mengolah peternakan yang efektif dan efisien serta industry peternakan di wilayah tersebut menjadi lebih aktif. Serta dari pelatihan tersebut mendapatkan pengetahuan sehingga dapat mengolah lebih kreatif.
Ir. Syafruddin Nur, Kepala Dinas Peternakan dalam sambutannya menyampaikan bahwa registrasi ternak merupakan sebuah kearifan local adalah tindakan preventif memberikan imun kepada ternak untuk mencegah penyakit hewan menular. Hal ini perlu partisipasi tinggi dari masyarakat sehingga tidak ada registrasi ulang.
Ketua Yayasan BOAN, Mohammad Ungang dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan diberikan kepada 5 kelompok Petani Ternak yaitu Kelompok Ternak Ai Dade Kecamatan Alas Barat, Kelompok Ternak Ai Asang Kecamatan Rhee, Kelompok Ternak Ai Tereng dan Bina Bersama Kecamatan Moyo Hilir serta Kelompok Ternak Mitra Abadi Kecamatan Moyo Hulu.

Sumber : Humaspro Setda Kab. Sumbawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar